7 Tips Memilih Merchant Affiliate Terbaik Untuk Affiliasi

 


Merchant affiliate bisa dipergunakan sebagai salah satu alat untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Merchant affiliate merupakan tim atau kelompok yang memiliki komunitas dalam hal memasarkan barang dan jasa tertentu kepada konsumen.

Merchant affiliate biasanya memiliki blog “kelompok” atau blog bersama yang dipergunakan untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan. Dalam blog tersebut, mereka akan memposting produk yang akan ditawarkan disertai dengan nomor yang bisa dihubungi agar mudah bila ada konsumen yang ingin membeli produk tersebut.

Kredibilitas yang dibangun oleh merchant affiliate tergantung dari kinerja  dan juga kepercayaan konsumen kepada mereka. Bila banyak konsumen yang percaya dengan mereka dengan membeli banyak barang dari mereka, maka bisa kredibilitas merchant affiliate juga akan positif.  Begitu pula sebaliknya, bila banyak konsumen yang merasa tertipu dengan mereka maka kredibilitas sebuah perusahaan affiliate juga akan ternoda.

Perusahaan yang menyerahkan produk atau jasanya untuk dipasarkan oleh merchant affiliate beranggapan bahwa perusahaan tersebut terdiri dari banyak anggota sehingga memungkinkan untuk menjaring lebih banyak konsumen, karena dari tiap-tiap anggota memiliki jaringan tersendiri.

Anda harus bisa memilih merchant affiliate bila ingin memasarkan produk Anda secara cepat dan tepat sasaran. Namun demikian memilih merchant affiliate sebagai partner Anda bukanlah sebuah masalah yang mudah.

Lantas bagai sih Tips Memilih Merchant Affiliate Terbaik Untuk Program Affiliasi Anda ?. berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam hal memilih perusahaan partner affiliate yang baik :

1. Memiliki nama baik 

Nama baik sangat penting dalam bekerja sama termasuk dalam memilih merchant affiliate. Bila  memiliki nama baik dan tidak pernah terlibat kasus, maka Anda bisa mempercayakan produk dan jasanya tersebut ke merchant tersebut. Sebaliknya, bila merchant affiliate bersifat mencurigakan, maka kerjasama harus diputus.

2. Transparan manajemennya

Manajemen yang transparan adalah sebuah manajemen yang memungkinkan hubungan antara perusahaan merchant affiliate dengan klien tidak ada suatu hal yang ditutup-tutupi. Mereka semua memiliki pengetahuan yang sama, tidak ada pihak yang memiliki pengetahuan akan informasi pasar yang lebih luas dibandingkan dengan yang lainnya. Tidak ada yang ditutup-tutupi dan benar-benar transparan.

3.  Anggota tim merchant affiliate terdiri dari orang-orang yang terpercaya

Anggota tim merchant biasanya terdiri dari orang-orang yang memang memiliki kredibilitas tinggi. Hal ini akan mempengaruhi kinerja dari perusahaan affiliate tersebut. Anda harus memilih tim yang sebagian besar anggotanya adalah orang-orang yang terpercaya.

4. Perhatikan surat perjanjian ?

Surat perjanjian antara klien dengan merchant affiliate harus diperhatikan dan diteliti, jangan sampai isi surat perjanjian tersebut merugikan salah satu pihak dan menguntungkan pihak yang lainnya. Karena hal ini bersifat kerjasama dua pihak atau lebih maka surat perjanjian harus benar-benar diteliti.

5. Pilih merchant affiliate yang tidak banyak janji 

Pilihlah merchant affiliate yang banyak bekerja dan sedikit bicara atau tidak banyak janji melainkan lebih banyak bukti.

6. Sistem Bonus

Anda juga bisa menarik minat bekerja merchant affiliate dengan cara memberikan bonus selain dari gaji pokok, kepada merchant affiliate yang memiliki prestasi tinggi dalam menjual produk dan jasa. Dengan sistem ini kinerja pun akan lebih tinggi dan hasil yang dicapai akan lebih baik.

7. Adanya komunikasi yang intensif antara klien dengan merchant affiliate

Dalam sebuah kerjasama, salah paham bisa saja terjadi. Bila ini dibiarkan berlarut-larut maka masalah tersebut akan semakin meruncing. Oleh sebab itu, wajib hukumnya bagi mereka untuk selalu berhubungan dengan klien. Dua pihak yang bekerja sama tersebut harus saling memberikan informasi bila ada sesuatu yang baru terjadi. Tanpa adanya komunikasi dan koordinasi, keberhasilan akan sulit dicapai.

Demikianlah tadi beberapa Tips Memilih Merchant Affiliate Terbaik Untuk Program Affiliasi Anda. Jadi untuk Anda pemula tidak ada salahnya jika anda belajar tentang affiliate marketing dulu sebelum mencoba memasarkan produknya sendiri. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, salam sukses selalu !!

Post a Comment for "7 Tips Memilih Merchant Affiliate Terbaik Untuk Affiliasi "