Inilah Tips Membuat Slide Presentasi Menarik Efektif

Mengetahui tips membuat slide presentasi menarik sangat penting dilakukan bagi siapa saja yang memang rutin melakukan presentasi. Dengan membuat slide presentasi menarik, maka isi presentasi akan terlihat tidak membosankan dan bisa tersampaikan dengan baik kepada para audiens. Jika Anda penasaran mengenai cara membuat slide presentasi dan menarik dan efektif, bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.




Mengapa Perlu Membuat Slide Presentasi yang Menarik?


Pada dasarnya, membuat slide presentasi memang perlu dibuat semenarik mungkin agar menjadikannya tampak menarik di mata para audiens. Hal ini tentu saja bertujuan agar semua audiens bisa fokus pada materi presentasi yang disampaikan. Dengan begitu, maka pemahaman akan isi materi akan jauh lebih maksimal dan hasil kinerja dari kegiatan presentasi lebih memuaskan. 


Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat slide presentasi agar terlihat lebih menarik dan tentunya bisa menerapkan satu cara maupun lebih disesuaikan oleh kebutuhan. Sebelum kita membahas mengenai cara-caranya, ada baiknya bagi Anda mengetahui terlebih dahulu alasan kenapa slide presentasi perlu dibuat menarik berikut ini.

Memperoleh perhatian dari para audiens lantaran desain slide presentasi yang menarik akan lebih enak dilihat. 

Mampu menciptakan suasana presentasi yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Dapat menciptakan kualitas presentasi yang nyaman dan efektif.


Bagaimana Tips Membuat Slide Presentasi Menarik dan Efektif?


Bagi Anda yang mungkin sering kali merasa bahwa slide presentasi yang dibuat kurang menarik perhatian audiens dan bahkan dinilai membosankan, maka kini saatnya untuk menyimak beberapa tips membuat slide presentasi yang menarik dan efektif berikut ini.


1. Pilih Template Presentasi yang Unik dan Kreatif

Mengingat kegunaannya sebagai tools untuk presentasi, tak jarang program aplikasi Power Point menyediakan pilihan template yang beragam. Meski demikian, ada baiknya Anda memilih template presentasi yang diunduh dari internet atau membuatnya sendiri agar terlihat lebih menarik. 


2. Batasi Penggunaan Poin-poin Penting Presentasi Per Slide

Apabila memang diharuskan menuliskan poin-poin penting, batasi penggunaannya tidak lebih dari enam baris dalam satu slide. Ini penting dilakukan agar audiens tidak lupa mengenai hal-hal apa saja yang sudah Anda presentasikan kepada mereka.


3. Hindari Menulis Kalimat Penjelasan Terlalu Panjang

Slide presentasi umumnya berfungsi sebagai pendukung presentasi Anda, sehingga pastikan jangan menulis kalimat penjelasan terlalu panjang. Akan lebih baik jika Anda menulis satu poin penting yang ingin disampaikan dengan font ukuran besar.


4. Gunakan Ukuran Huruf yang Sesuai

Ketika membuat slide presentasi, jangan Anda samakan ketika menulis cerita di Microsoft Word yang menggunakan ukuran standar. Di Power Point, Anda bisa menggunakan font ukuran minimal 30pt agar terlihat jelas dan terbaca oleh para audiens.


5. Pastikan Warna Teks dan Background Sesuai

Penting juga bagi Anda menyesuaikan warna teks dengan background yang dipakai dalam slide presentasi. Anda bisa memilih warna kontras antara huruf dan background untuk memudahkan bagi para audiens membaca poin presentasi yang diberikan nantinya.


6. Jangan Menggunakan Fitur Slide Presentasi Berlebihan

Meskipun tujuan utama Anda ingin membuat slide presentasi yang menarik bagi para audiens, namun pastikan jangan menggunakan fitur slide presentasi yang berlebihan. Sebab hal ini justru akan menjadikan slide presentasi yang dibuat dinilai kurang efektif. Jika ingin menyampaikan poin penting, bisa menebalkan frase seperlunya dan beri warna berbeda yang selaras.


Demikianlah tips membuat slide presentasi menarik dan efektif yang bisa Anda jadikan acuan agar memudahkan audiens memahami isi materi presentasi yang dibuat.. Kami harap dengan adanya artikel ini anda bisa lebih baik lagi dalam membuat presentasi.

Post a Comment for "Inilah Tips Membuat Slide Presentasi Menarik Efektif "