5 Makanan Penghilang Jerawat

 


Kondisi kulit yang berjerawat sering membuat resah sebab sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itulah kami membuat artikel 5 Makanan Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami. 


Anda pasti penasaran bukan apa saja makanan yang ampuh menghilangkan jerawat secara cepat? Jerawat memang membuat permukaan kulit jadi terlihat tidak halus dan menyembunyikan jerawat di balik riasan akan dapat memperburuk keadaannya. Belum lagi, bisul jerawat seringkali menimbulkan rasa sakit ketika tak sengaja tersentuh. Berbagai upaya pun dilakukan untuk memusnahkan jerawat-jerawat ini mulai dengan penggunaan sabun sulfur atau yang mengandung antibakteri, hingga salep pengempes jerawat.


Penanganan terhadap kulit yang berjerawat seringkali hanya terfokus dengan perawatan dari luar. Padahal, apa yang dicerna tubuh juga memberi pengaruh pada kondisi kulit. Dalam kata lain, kita juga bisa mengatasi jerawat dengan melakukan perawatan dari dalam lewat konsumsi sehari-hari. Kita tidak akan membicarakan suplemen atau obat jerawat yang diminum, namun lebih ke minuman dan makanan penghilang jerawat pada umumnya.

 

Makanan Penghilang Jerawat

Makanan Untuk Menghilangkan Jerawat


Penasaran apa saja yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan menghilangkan jerawat di kulit? Baca rangkuman 5 Makanan Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami berikut.




 

1. Sayuran

Sayuran memang makanan yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik, metabolisme tubuh dapat terjaga dan memberikan imbas baik pada kondisi kulit. Lebih spesifiknya, beberapa jenis sayuran dengan keunggulan kandungannya juga dapat membantu membersihkan bakteri dalam darah sehingga bisa menekan pertumbuhan jerawat. Contohnya, sayuran yang kaya akan klorofil atau ditandai dengan warna hijaunya seperti bayam. Selain itu, sayuran yang tinggi kandungan vitamin A nya pun baik untuk kulit seperti halnya wortel. Memperbanyak konsumsi timun juga sangat disarankan, lho! Karena timun merupakan salah satu makanan yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat

 



2. Buah-buahan

Selain manis dan segar, buah-buahan seperti semangka, stroberi, atau tomat dengan kandungan likopennya amat bermanfaat bagi kulit. Buah memang merupakan salah satu sumber vitamin terbesar yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk meringankan jerawat pada kulit, perbanyak konsumsi buah-buahan dan pilihlah buah yang bervariasi setiap hari agar tidak bosan. Pisang, alpukat, beri, apel, dan sebagainya bisa menjadi pilihan yang patut anda pertimbangkan. Rutin meminum sari jeruk nipis juga sangat disarankan.



 

3. Telur

Meski sering dituding menjadi penyebab munculnya jerawat atau bisul, nyatanya telur merupakan sumber vitamin B kompleks yang diperlukan tubuh untuk melancarkan proses regenerasi sel kulit. Cara paling aman untuk mengonsumsi telur adalah dengan cara merebusnya sampai matang.

 

4. Yogurt

Produk fermentasi susu ini memang menjadi bahan favorit untuk merawat kulit dari dalam dan luar. Pilihlah produk yogurt yang segar dan tidak mengandung pemanis agar khasiatnya lebih baik. Anda bisa juga menambahkan potongan buah ke dalam yogurt anda sebagai perisa alami yang sehat.

 

5. Air putih

Berbagai tips kecantikan dan kesehatan selalu merekomendasikan konsumsi air putih yang cukup, yakni sekitar 2 liter dalam sehari. Selain menjaga metabolisme tubuh, minum cukup air dapat menghidrasi kulit dan mencegah kuit menjadi kering dan kusam. Sesekali meminum teh hijau juga amat baik bagi kesehatan kulit sebab kandungan antioksidannya yang tinggi.

 

Selain lima poin di atas, anda juga harus memperhatikan apa yang seharusnya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Adapun makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya jerawat yaitu:

Makanan berlemak.


Gorengan

Junk food atau makanan cepat saji yang selain tinggi kalori juga kandungan gizinya sedikit.

Makanan dan minuman yang mengandung pemanis atau gula, termasuk cokelat (selain cokelat hitam).


Susu

meski tidak pada umumnya. Namun, gizi atau kandungan dalam susu sangat dipengaruhi oleh kondisi sapi yang diperah. 

Susu yang didapat dari sapi yang tengah hamil bisa memberikan reaksi pada kulit sebab adanya perbedaan hormon pada sapi.

Post a Comment for "5 Makanan Penghilang Jerawat"