Wisata Pulau Dodola Tempat Wisata Maluku Terpopuler

 


Mungkin kamu tak tahu dengan Pulau Dodola, Pulau keren yang sangat amat indah ini berada di Maluku Utara. Termasuk pulau indah yang ada di Indonesia yang harus kamu coba kunjungi. Bagi sebagian besar orang mungkin lebih mengenal Pulau Raja Ampat, tapi pulau ini tak kalah cantik dan menariknya.

Dalam artikel ini, kami ingin membagikan tentang beberapa wisata pulau dodola yang terbaik dan terpopuler untuk anda coba tentunya. Bisa langsung disimak saja artikel ini, agar kamu bisa mendapatkan informasi terbaik.


Pulau Dodola


Objek wisata di Maluku Utara yang bernama Pulau Dodola ini terdiri dari dua pulau, yaitu Dodola besar dan Dodola kecil. Destinasi wisata cantik ini berada di daerah Morotai, Maluku Utara. Jika pernah berjalan-jalan ke Pulau Ngurtafur yang juga berada di Maluku, kamu akan mengenali kemiripan kedua tempat ini. Keduanya sama-sama memiliki pantai dengan pasir yang timbul seperti membelah laut yang keindahannya membuat siapapun yang melihatnya pasti kehilangan kata-kata.



Pantai Pasir Timbul Lainnya di Maluku


Saat menginjakkan kaki di tempat wisata di Maluku Utara ini, kamu akan bersentuhan dengan pasir pantai di Pulau Dodola berwarna putih bersih dan lembut. Pemandangan air laut jernih dengan warnanya yang bergradasi dari toska ke biru pasti kan membuatmu malas untuk pulang. Pemandangan unik terhubungnya kedua pulau, Dodolan besar dan kecil, akan tersaji saat pasir putih muncul ke permukaan ketika sedang surut. Kamu bisa menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan di pasir putih tersebut.



Diving dan Snorkeling

Siapa yang hobi olahraga air? Kalau kamu penggemar snorkeling dan diving, Pulau Dodola tidak boleh kamu lewatkan. Tempat ini menyajikan keindahan dunia bawah laut yang seindah pantainya. Di sini terdapat 13 spot menyelam. Tahukah kamu bahwa di dalam laut terdapat bangkai pesawat perang yang tenggelam? Ini karena dahulu kala Morotai merupakan arena peperangan antara sekutu dengan Jepang yang terjadi pada Perang Dunia ke-2.


Halo para backpacker! Apakah jiwa petualangmu terpanggil? Jika ya, kamu bisa berkemah di tepi pantai Pulau Dodola, tapi kamu harus siap-siap bertarung dengan nyamuk yang ganas. Kalau tidak ingin diserang nyamuk, bawalah lotion anti nyamuk.  Kamu juga bisa ber-canoeing di tempat wisata di Maluku Utara.


Pulau di Maluku utara ini bagaikan surga di dunia dan di tahun 2017 masuk dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia dalam kategori Surga Tersembunyi Terpopuler meskipun tidak keluar sebagai juara.


Akses

Untuk menuju pulau ini lebih mudah jika diakses dari Pulau Morotai yaitu dari kota Daruba. Lama perjalanan kira-kira 30 menit. Meskipun menyewa speedboat mahal tapi kamu bisa menjelajahi pulau-pulau kecil lain yang berada di sekitarnya.


Momen terbaik 

Pantai Dodola memiliki pasir putih yang lembut dan halus, yang berpadu dengan pemandangan laut yang transparan dengan warna biru-hijau membuat semua orang akan betah berlama-lama di pantai ini. 

Selain keindahan pantai, destinasi ini juga menjadi tempat populer untuk menikmati pemandangan bawah laut sambil snorkeling dan diving. 

Ada 13 titik menyelam di Dodola. Selain itu, ada juga beberapa kapal karam dan jet tempur yang bisa dijelajahi sambil menyelam. Hal ini dikarenakan Morotai pernah menjadi lokasi perang antara Jepang dan Sekutu pada masa Perang Dunia II. 

Pantai Dodola memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan asri, terumbu karang yang masih asli dan indah, serta ikan-ikan kecil berwarna-warni di dalamnya, akan membuat penyelaman menjadi menyenangkan. 

Pantai Dodola masih alami dengan ombak yang cukup tenang, sehingga pantai ini dapat digunakan untuk berenang atau bersantai di pantai, wisatawan juga dapat menjelajahi pulau dengan menggunakan perahu. 

Kunjungan ke tempat ini dianjurkan pada waktu yang tepat, yaitu saat laut surut. Bawa juga perbekalan yang cukup, karena Pantai Dodola berada di pulau yang tidak berpenghuni. Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh dengan speedboat sekitar 20 menit dari Daruba.

Indonesia memang kaya dengan pulau-pulau cantik nan eksotis. Meski transportasi umumnya selalu menjadi kendala tapi itu tak akan menyurutkanmu untuk berkunjung ke Pulau Dodola, tempat wisata di Maluku Utara ini, kan?

Post a Comment for "Wisata Pulau Dodola Tempat Wisata Maluku Terpopuler"