7 Cara Mengatasi Insomnia Yang Benar

 


Susah tidur atau insomnia harus diatasi secepat mungkin karena berdampak buruk bagi kesehatan dan produktivitas kerja. Biasanya itu disebabkan faktor fisik dan psikologi seperti depresi, sakit kronis, pengobatan atau stres.

Mengatasi susah tidur bisa tanpa pergi dokter, bahkan tak perlu minum obat apapun. Ada banyak cara yang bisa dicoba. Kali ini kami ingin membagikam bagaimana agar anda tak insomnia. ada 7 cara sederhana untuk mengobati insomnia tanpa dokter dan obat.

Cara efektif atasi susah tidur alias insomnia ini bisa anda lakukan agar anda bisa mendapatkan jam tidur yang cukup.

Cara Mengatasi Insomnia


1. Jangan Merokok

Jika anda perokok dan susah tidur, mungkin ini saat yang tepat untuk berhenti total menghisap asap beracun itu. Biasanya disebabkan efek nikotin yang mulai terasa sepanjang malam. Kurangi merokok juga, karena memang tak baik untuk kesehatan. Karena merokok juga memang tak baik dikonsumsi berlebihan.


2. Batasi kafein

Beberapa orang punya kebiasaan minum kopi usai menyantap makan malam. Padahal itu sangat tidak dianjurkan karena kandungan kafein memicu tubuh terus melek semalaman. Coba kurangi asupan kafein dengan batasi minum kopi, usahakan tidak meneguk secangkirpun 7 jam sebelum tidur malam.

Karena identik membuat maka tak menjadi ngantuk, kafein merupakan salah satu hal yang membuat kita menjadi lebih melek. Maka dari itu, hindari kafein agar bisa tidur tanpa mengalami insomnia.


3. Rajin olahraga

Sejumlah hasil studi menyebut aktifitas erobik atau olahraga ampuh dongkrak kualitas tidur. Untuk hasil terbaik, coba olahraga setidaknya 3-4 jam sebelum tidur malam.

Karena saat lelah, kita pasti akan langsung tertidur. Gunakan hal ini agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.


4. Makanan pemicu

Beberapa jenis makanan tertentu dapat memicu tubuh cepat merasa kantuk. Disarankan perbanyak asupan kaya magnesium seperti bayam, kacang almond dan kacang mete. Padukan pula dengan asupan kaya vitamin B kompleks seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan tumbuhan polong. Konsumsi makanan ringan bergizi, agar anda bisa tetap tidur nyenyak.


5. Redupkan lampu

Sebuah hasil studi menyebut paparan cahaya elektrik antara subuh dan jam tidur berdampak negatif pada kualitas tidur. Lalu apa solusinya? Coba redupkan semua lampu di dalam rumah dua jam sebelum waktu tidur malam.

Pertimbangkan juga mengganti semua lampu bohlam ke lampu jenis soft/warm dengan temperatur kurang dari 3,000 kelvin. Itu sukses kurangi dampak negatif lampu pada sistem saraf. Rasullulah SAW Muhammad sendiri menganjurkan apabila kita harus tertidur dengan lampu mati lho!


6.Miring Ke Kanan

Di Islam sendiri dianjurkan tidur miring ke kanan. Menurut kesehatan sendiri memang miring ke kanan cukup bagus. Kita bisa beristirahat dengan tenang apabila miring ke kanan. Berbeda dengan miring ke kiri, tanpa kita sadari kita tak bisa tidur nyenyak. Tapi, balik sendiri pada anda. Apabila anda sudah lelah biasanya akan memilih tidur menghadap kemana saja.


7. Tenangkan pikiran

Coba tenangkan pikiran 1-2 jam sebelum waktu tidur. Jangan lagi nonton TV, main game, akses internet dan mengerjakan tugas apapun di atas tempat tidur. Aktifitas apapun yang membuat otak terus aktif mengakibatkan mata susah terpejam. Menenangkan pikiran tidak sulit, cukup berbaring sambil mendengar lagu favorit (asalkan bukan lagu rock pemacu adrenalin).

Serta jangan lupa baca doa agar nyenyak. Kebanyakan kita mimpi buruk dan juga takut tidur karena lupa baca doa. Cobalah untuk anda coba baca doa. Agar anda bisa mendapatkan ketenangan.


Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Insomnia Yang Benar"